Selamat datang di PerpusPedia MAN 2 kota Bogor

Label 2

Home » » Berbuka Dengan Kurma

Berbuka Dengan Kurma

Written By wardina on Rabu, 17 Juli 2013 | 2:06 PM






كَانَ رَسُو لُ اللِّهِ صَلَّى اللَّهً عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أََنْ يُصَلِّيَ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَا تٌ فَعَلَى تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَم تَكُنْ حَسَا حَسَواتٍ مِنْ مَاءٍ
“Rasulullah pernah berbuka puasa dengan ruthab (kurma basah) sebelum shalat, kalau tidak ada ruthab, maka beliau memakan tamr (kurma kering) dan kalau tidak ada tamr, maka beliau meminum air, seteguk demi seteguk” [1]


        Kurma di Indonesia cenderung identik dengan bulan suci Romadhon, berdasarkan hadist di atas maka berbuka puasa dengan kurma hukumnya adalah sunnah. Tentu menjadi pertanyaan kita semua, mengapa Rasul berbuka dengan kurma ?  Berdasarkan penelitian oleh pakar gizi terkini, ternyata kurma memiliki khasiat yang banyak. 


1. Kaya Nutrisi

Apakah anda tahu bahwa kurma menyimpan banyak nutrisi? Ya, kurma merupakan buah yang kaya akan mineral, seperti kalsium, potassium, magnesium, dsb. Kurma juga mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, dll. Selain itu, kurma merupakan buah yang rendah lemak, tinggi akan protein dan kaya akan serat.

2. Sumber Energi

Gula dan air merupakan zat yang pertama kali dibutuhkan orang berpuasa. Berkurangnya glukosa (zat gula) pada tubuh dapat mengakibatkan penyempitan dada dan gangguan pada tulang-tulang. Oleh karena itu, anda sangat dianjurkan untuk memakan kurma ketika berbuka karena kurma mengandung gula alami yang akan cepat berubah menjadi energi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

3. Menyembuhkan Radang Usus

Bagi anda yang mempunyai masalah usus, anda sebaiknya memakan buah kurma, karena buah kurma mengandung nikotinan yang berfungsi untuk mengontrol bakteri dalam usus anda. Sehingga mengkonsumsi buah kurma dapat menyembuhkan radang usus dan beberapa penyakit usus lainnya.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Kalium dalam kurma adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke. Bagi anda yang ingin terhindar dari penyakit jantung, anda harus mulai mengkonsumsi kurma mulai dari sekarang.

5. Mengurangi Rasa Sakit dan Demam

Salah satu bahan baku untuk membuat aspirin adalah salisilat yang juga terkandung dalam kurma. Sehingga anda dapat memanfaatkan buah kurma untuk mengurangi rasa sakit dan demam.

6. Berkhasiat Bagi Perempuan yang Akan Melahirkan

Kurma berfungsi untuk mencegah pendarahan bagi perempuan ketika melahirkan dan mempercepat proses pengembalian posisi rahim seperti sedia kala sebelum waktu hamil. Hal ini dikarenakan dalam kurma segar terkandung hormon yang menyerupai hormon oxytocine yang dapat membantu proses kelahiran.

Buah kurma memang tersedia dalam jumlah yang banyak di supermarket pada saat menjelang bulan Ramadhan, namun tidak ada salahnya jika anda mengkonsumsi buah kurma di hari-hari biasa, mengingat banyak khasiat yang bisa anda peroleh dari buah tersebut. Selamat berpuasa dan tetap sehat!





Jenis-jenis Kurma

1. Kurma Ajwah





Di pasaran, kurma jenis ini menjadi kurma dengan predikat tertinggi dari segi harga. Kurma Ajwah kebanyakan tumbuh di kota Madinah, Saudi Arabia. Kurma Ajwah memiliki bentuk yang lebih kecil dengan warna yang juga lebih hitam. Dipercaya, kurma jenis ini merupakan kurma favorit Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wassalam. Tahukah kamu? Makan tujuh kurma ajwa setiap pagi dapat menangkal racun dan magis. Hal ini berdasarkan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam.
“Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir.” [1]


2. Kurma Deglet Noor




Kurma yang berwarna kuning keemasan ini merupakan varietas unggul dan sangat terkenal di Algeria, Tunisia, Amerika, dan Libya. Nama dari kurma yang satu ini berarti cahaya yang diambil dari warnanya yang menyerupai sinar matahari. Bagi kamu yang tak suka manis, kurma ini adalah alternatifnya, karena rasanya tak terlalu manis dan dagingnya juga tak terlalu keras.
3. Kurma Amer Hajj
amer hajj
Kurma jenis ini biasanya tumbuh di Irak. Kurma ini biasa disebut dengan Amir Haji. Jenis kurma ini memiliki daging yang sangat lembut dan juga tebal. Dalam beberapa tradisi kurma jenis ini sering dikenal dengan “welcome kurma”, atau kurma yang dihidangkan untuk menyambut tamu.
4. Kurma Mozafati
mozafati
Kurma jenis ini memiliki masa simpan yang lama, bahkan hingga 2 tahun jika disimpan di suhu minus 5 derajat. Kurma Mozafati merupakan jenis kurma yang berwarna gelap, bertekstur lembut, dan berukuran sedang. Sesuai namanya kurma ini banyak dikembangkan di daerah Mozafati.
5. Kurma Halawi
halawi
Disebut juga sebagai kurma Holwah yang berarti manis dalam bahasa Arab. Kurma Halawi memiliki rasa yang sangat manis jika dibanding dengan jenis kurma lainnya. Nah, jika kamu memakan buah kurma dan rasanya sangat manis, kemungkinan besar kurma itu berjenis ini.
6. Kurma Umelkhashab
umelkhashab
Memiliki kombinasi rasa manis dan sedikit pahit. Kurma jenis ini berasal dari Saudi Arabia. Selain rasa yang unik, Umelkhashab berwarna sedikit kemerahan.
7. Kurma Thoory
thoory
Biasa juga disebut sebagai kurma Thuri. Di Indonesia, sering kali di temui jenis kurma thoory atau Thuri ini. Ini karena sifatnya yang dapat bertahan lama. Kurma yang populer di Algeria ini berwarna sedikit cokelat kemerahan, dan kulit yang cenderung kering keriput. Ciri utamanya adalah daging serta buahnya yang sangat kering, bahkan sangking keringnya, kulit pada kurma ini cenderung keras dan susah dimakan. Namun, rasa dagingnya manis dan hampir mirip dengan kacang.
8. Kurma Zaghloul
zaghloul
Memiliki bentuk yang panjang dan agak lonjong. Warnanya merah gelap dan sangat manis. Istimewanya, rasa manis dari kurma ini masih melekat di lidah. Kurma ini termasuk varietas kurma yang eksklusif dan harganya mahal di Mesir. Bahkan, hanya orang-orang tertentu saja yang mengonsumsinya.
9. Kurma Sekkeri
sekkeri
Kurma jenis ini berwarna cokelat gelap, dengan daging buah yang sangat lembut dan rasa manis yang khas. Daging kurma yang satu ini memilki rasa sangat istimewa tak heran bila harganya lebih mahal dibandingkan jenis kurma yang lainnya.
10. Kurma Saidy
saidy
Kurma jenis ini memiliki tekstur dan bentuk yang hampir sama dengan kurma sekkeri. Dengan daging buah yang sangat lembut dan rasanya yang manis menjadikan kurma Saidy merupakan kurma yang populer di negara Libya.

Post by :
Library Community
Wardina



http://perpusmandapa.blogspot.com/2013/07/berbuka-dengan-kurma.html
http://perpusmandapa.blogspot.com/2013/07/berbuka-dengan-kurma.htmlhttp://perpusmandapa.blogspot.com/2013/07/berbuka-dengan-kurma.html
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

terima kasih ..

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PerpusPedia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger